ANALISIS JURNAL 1
PROPOSAL
PROPOSAL
Judul : Analisis
Faktor Persepsi yang Mempengaruhi
Minat dan Perilaku Konsumen untuk
Berbelanja pada Giant
Disusun oleh
LATAR BELAKANG
Minat dan Perilaku Konsumen untuk
Berbelanja pada Giant
Disusun oleh
Raditya Priantama Galira
NPM 18210161
LATAR BELAKANG
Faktor
yang mempengaruhi Keputusan Belanja
yaitu, Keputusan belanja di pengaruhi oleh kepercayaan , sikap , dan
nilai-nilai pelanggan serta berbagai faktor dalam lingkungan sosial
pelanggan (
Christina Whidya Utami , 2006 ). Proses keputusan memilih barang atau
jasa di
pengaruhi oleh faktor lingkungan dan faktor pribadi di dalam diri
seseorang.
- Faktor
External
Faktor external
yang mempengaruhi keputusan belanja antara lain :
A. Keluarga
Banyak
keputusan belanja dibuat untuk produk yang dikonsunsi oleh keluarga
secara
kesuluruhan . Ritel harus memahami bagaimana suatu keluarga membuat
keputusan
belanja dan bagaimana anggota keluarga membuat keputusan belanja dan
bagaimana anggota keluarga lainnya mempengarui keputusan ini.
B. Kelompok
yang dijadikan acuan
Kelompok yang
dijadikan acuan satu atau lebih orang-orang yang digunakan seseorang
sebagai
dasar perbandingan untuk kepercayaan,perasaan dan perilaku.
C. Budaya
Budaya adalah
faktor yang mendasar dalam pembentukan norma-norma yang dimiliki
seseorang yang
kemudian membentuk atau mendorong keinginan dan perilakunya menjadi
seorang
konsumen Budaya dalam hal ini meliputi hal-hal yang dapat dipelajari
dari
keluarga,tetangga ,teman ,guru maupun tokoh masyarakat.
-Faktor
Internal
Faktor pribadi
atau internal di dalam diri seseorang yang mempengaruhi keputusan
belanja
antara lain :
A. Aspek
Pribadi
Seseorang
pelanggan akan mempunyai perbedaan dengan pelanggan yang lain karena
faktor-faktor pribadi yang berbeda misalnya, tahapan usia, kondisi
keuangan ,
gaya hidup kepribadian dan konsep diri.
B. Aspek
Psikologis
Faktor
psikologi yang mempengaruhi seseorang dalam tindakan membeli suatu
barang atau
jasa didasarkan pada motivasi , persepsi , kepercayaan , dan perilaku
serta
proses belajar yang dilalui konsumen.
MASALAH
Berdasarkan latar
belakang yang ada
maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut : " Apakah
Faktor-Faktor yang mempengaruhi konsumen berbelanja pada Giant Hypermart
Bekasi?
TUJUAN
Konsumen di setiap
segmen pasar
membentuk kesan dari bebereapa toko yang berbeda didasarkan pada
faktor-faktor
yang mempengaruhi. Penelitian ini berusaha menjelaskan apakah
faktor-faktor
tersebut benar-benar mempengaruhi keputusan belanja pada Giant
hypermart.
METODOLOGI
DATA
DATA
Data penelitian
merupakan data primer.
Data dikumpulkan menggunakan instrument penelitian kuesioner. Kuesioner dikembangkan untuk mengukur faktor
persepsi
konsumen yang diteliti terhadap minat konsumen untuk berbelanja. Uji validitas
dan
reliabilitas terlebih dahulu digunakan untuk menguji validitas dan reliabilitas kuesioner.
Variabel
yang diteliti yaitu lokasi, harga, kelengkapan produk, kualitas produk, pelayanan,
kenyamanan
berbelanja dan promosi.
ALAT ANALISIS
Populasi
penelitian adalah pengunjung Giant Hypermarket Bekasi. Penelitian
dilakukan terhadap 100 responden. Berikut adalah gambaran umum responden
berdasarkan umur, jenis kelamin, status, pekerjaan, pendidikan, dan
penghasilan.
KETERANGAN
|
JUMLAH
|
%
|
|
USIA
|
1.≤ 25 TAHUN
|
32
|
32%
|
2. 26 - 35 TAHUN
|
53
|
53%
|
|
3. 36 - 45 TAHUN
|
11
|
11%
|
|
4. >45 TAHUN
|
4
|
4%
|
|
JENIS KELAMIN
|
1. LAKI-LAKI
|
23
|
23%
|
2. PEREMPUAN
|
77
|
77%
|
|
STATUS
|
1. BELUM NIKAH
|
36
|
36%
|
2. MENIKAH
|
64
|
64%
|
|
PENDIDIKAN TERAKHIR
|
1. SD
|
0
|
0%
|
2. SLTP
|
3
|
3%
|
|
3. SLTA
|
31
|
31%
|
|
4. DIPLOMA
|
28
|
28%
|
|
5. S1
|
35
|
35%
|
|
6. S2
|
2
|
2%
|
|
PEKERJAAN
|
1. PELAJAR / MAHASISWA
|
20
|
20%
|
2. KARYAWAN
|
67
|
67%
|
|
3. IBU RUMAH TANGGA
|
8
|
8%
|
|
4. PROFESI
|
5
|
5%
|
|
PENDAPATAN PERBULAN
|
1. ≤ Rp.1.000.000
|
23
|
23%
|
2, Rp.1.000.000 - Rp.2.500.000
|
63
|
63%
|
|
3.Rp. 2.500.000 - Rp.
3.500.000
|
10
|
10%
|
|
4. > Rp. 3.500.000
|
4
|
4%
|
MODEL PENELITIAN
Cronbach's alpha
|
N of items
|
0,976
|
37
|
Output SPSS tersebut menunjukan tabel reliability statistic, yang terlihat sebagai Cronbach Alpha adalah 0,976 > 0,6, reliabilitas suatu konstruk variabel dikatakan baik apabila Cronbach Alpha > 0,6 sehingga dapat disimpulkan bahwa konstruk pernyataan dari seluruh variabel adalah reliabel.
Analisis
Regresi Linear Berganda
Dengan
menggunakan program komputer SPSS, maka diperoleh hasil sebagai
berikut.
Model
|
R
|
R Square
|
Adjust R Square
|
Std. Error of the Estimate
|
1
|
0,969”
|
0.939
|
0,935
|
0,39916
|
Berdasarkan tabel diatas nilai koefisien determinasi (R Square) adalah 0,939. Hal ini menunjukkan bahwa persentase sumbangan pengaruh variabel independent (promosi, harga, kelengkapan produk, lokasi, kenyamanan berbelanja, kualitas produk dan pelayanan) terhadap variabel dependent (minat konsumen untuk berbelanja) sebesar 93,9%. Atau variabel independent (promosi, harga, kelengkapan produk, lokasi, kenyamanan, kualitas produk dan pelayanan) mampu menjelaskan sebesar 93,9% variabel dependent (minat konsumen untuk berbelanja), sedangkan sisanya 6,1% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain.
VARIABLE
|
Beta
|
r
|
B x r
|
Kontribusi
|
LOKASI
|
0,145
|
0,159
|
0,023
|
9,388%
|
KELENGKAPAN PRODUK
|
0,198
|
0,145
|
0,029
|
11,837%
|
KUALITAS PRODUK
|
0,258
|
0,076
|
0,020
|
8,163%
|
HARGA
|
0,141
|
0,444
|
0,063
|
25,714%
|
PELAYANAN
|
0,042
|
0,065
|
0,003
|
1,224%
|
KENYAMANAN BERBELANJA
|
0,083
|
0,117
|
0,010
|
4,082%
|
PROMOSI
|
0,738
|
0,131
|
0,097
|
39,592%
|
JUMLAH
|
0,245
|
100%
|
ANALISIS dan HASIL
Hasil dari
penelitian menunjukkan
bahwa secara bersama-sama variabel lokasi, kelengkapan produk,
kualitas produk, harga, pelayanan, kenyamanan berbelanja dan promosi
berpengaruh terhadap minat konsumen untuk berbelanja. Variabel
lokasi, kelengkapan produk, kualitas produk, harga dan promosi
berpengaruh
secara signifikan terhadap minat konsumen untuk berbelanja, sedangkan
variabel pelayanan dan kenyamanan berbelanja tidak berpengaruh terhadap
minat konsumen untuk berbelanja. Sedangkan variabel yang paling
dominan terhadap minat konsumen untuk berbelanja adalah promosi.
Tentunya hal ini
memberikan
implikasi manajerial yang penting pada pihak manajemen bisnis eceran
untuk
mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat memengaruhi minat
konsumen untuk berbelanja. Diharapkan bagi peneliti selanjutnya agar
memperbanyakvariabel atau menambah jumlah responden agar hasil
penelitian
lebih akurat, serta membandingkan dua atau lebih ritel yang diteliti
agar
tampak ritel mana yang paling diminati dan dari segi apa konsumen lebih
meminati ritel tersebut. Untuk variabel pelayanan dan kenyaman
tempat berbelanja sebaiknya tidak digunakan untuk melakukan penelitian
karena kedua variabel tersebut tidak memengaruhi minat konsumen
untuk berbelanja, kecuali jika peneliti ingin membandingkan dua atau
lebih objek penelitian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar