Senin, 12 November 2012

PROPOSAL PENELITIAN (metode riset)

ANALISIS JURNAL 1


PROPOSAL

 

            Judul              :   Analisis Faktor Persepsi yang Mempengaruhi
                                       Minat  dan Perilaku Konsumen untuk
                                       Berbelanja pada Giant 

                            




   Disusun oleh
Raditya Priantama Galira
NPM 18210161



LATAR BELAKANG 
Faktor yang mempengaruhi Keputusan Belanja yaitu, Keputusan belanja di pengaruhi oleh kepercayaan , sikap , dan nilai-nilai pelanggan serta berbagai faktor dalam lingkungan sosial pelanggan ( Christina Whidya Utami , 2006 ). Proses keputusan memilih barang atau jasa di pengaruhi oleh faktor lingkungan dan faktor pribadi di dalam diri seseorang.
- Faktor External
Faktor external yang mempengaruhi keputusan belanja antara lain :
A. Keluarga
Banyak keputusan belanja dibuat untuk produk yang dikonsunsi oleh keluarga secara kesuluruhan . Ritel harus memahami bagaimana suatu keluarga membuat keputusan belanja dan bagaimana anggota keluarga  membuat keputusan belanja dan bagaimana anggota keluarga lainnya mempengarui keputusan ini.
B. Kelompok yang dijadikan acuan
Kelompok yang dijadikan acuan satu atau lebih orang-orang yang digunakan seseorang sebagai dasar perbandingan untuk kepercayaan,perasaan dan perilaku.
C. Budaya
Budaya adalah faktor yang mendasar dalam pembentukan norma-norma yang dimiliki seseorang yang kemudian membentuk atau mendorong keinginan dan perilakunya menjadi seorang konsumen Budaya dalam hal ini meliputi hal-hal yang dapat dipelajari dari keluarga,tetangga ,teman ,guru maupun tokoh masyarakat.
-Faktor Internal
Faktor pribadi atau internal di dalam diri seseorang yang mempengaruhi keputusan belanja antara lain :
A. Aspek Pribadi
Seseorang pelanggan akan mempunyai perbedaan dengan pelanggan yang lain karena faktor-faktor pribadi yang berbeda misalnya, tahapan usia, kondisi keuangan , gaya hidup kepribadian dan konsep diri.
B. Aspek Psikologis
Faktor psikologi yang mempengaruhi seseorang dalam tindakan membeli suatu barang atau jasa didasarkan pada motivasi , persepsi , kepercayaan , dan perilaku serta proses belajar yang dilalui konsumen.

MASALAH
            Berdasarkan latar belakang yang ada maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut : " Apakah Faktor-Faktor yang mempengaruhi konsumen berbelanja pada Giant Hypermart Bekasi?

TUJUAN
            Konsumen di setiap segmen pasar membentuk kesan dari bebereapa toko yang berbeda didasarkan pada faktor-faktor yang mempengaruhi. Penelitian ini berusaha menjelaskan apakah faktor-faktor tersebut benar-benar mempengaruhi keputusan belanja pada Giant hypermart.


METODOLOGI

DATA
            Data penelitian merupakan data primer.  Data dikumpulkan menggunakan instrument penelitian kuesioner. Kuesioner dikembangkan untuk mengukur faktor persepsi konsumen yang diteliti terhadap minat konsumen untuk berbelanja. Uji validitas dan reliabilitas terlebih dahulu digunakan untuk menguji validitas dan reliabilitas kuesioner. Variabel yang diteliti yaitu lokasi, harga, kelengkapan produk, kualitas produk, pelayanan, kenyamanan berbelanja dan promosi.

ALAT ANALISIS
Populasi penelitian adalah pengunjung Giant  Hypermarket Bekasi. Penelitian dilakukan terhadap 100 responden. Berikut adalah gambaran umum responden berdasarkan umur, jenis kelamin, status, pekerjaan, pendidikan, dan penghasilan.


KETERANGAN 
JUMLAH 
 USIA
 1.≤ 25 TAHUN
32 
32% 
 2. 26 - 35 TAHUN
53 
53% 
 3. 36 - 45 TAHUN
11 
11% 
 4. >45 TAHUN
  4 
 4%
 JENIS KELAMIN
 1. LAKI-LAKI
23
23% 
 2. PEREMPUAN
77
77% 
 STATUS
 1. BELUM NIKAH
36
36%
 2. MENIKAH
 64 
64%
 PENDIDIKAN TERAKHIR
 1. SD 
  0 
 0%
 2. SLTP
  3 
 3%
 3. SLTA 
31 
31%
 4. DIPLOMA
28 
28%
 5. S1
35 
35%
 6. S2
 2
  2%
 PEKERJAAN
 1. PELAJAR / MAHASISWA
20
20%
 2. KARYAWAN
67
67%
 3. IBU RUMAH TANGGA
 8
  8%
4. PROFESI 
 5
  5%
 PENDAPATAN PERBULAN
1. ≤ Rp.1.000.000
23
23%
2, Rp.1.000.000 - Rp.2.500.000
63
63%
3.Rp. 2.500.000  -    Rp. 3.500.000
10
10%
4. > Rp. 3.500.000 
  4
  4%




MODEL PENELITIAN 


 Cronbach's alpha
 N of items
 0,976
 37
             
           Output SPSS tersebut menunjukan tabel  reliability statistic, yang terlihat sebagai Cronbach Alpha adalah 0,976 > 0,6, reliabilitas suatu konstruk variabel dikatakan baik apabila Cronbach Alpha > 0,6 sehingga dapat disimpulkan bahwa konstruk pernyataan dari seluruh variabel adalah reliabel.
Analisis Regresi Linear Berganda 
Dengan menggunakan program komputer SPSS, maka diperoleh hasil sebagai berikut. 



Model
R
R Square
Adjust R Square
Std. Error of the Estimate
1
0,969”
0.939
0,935
0,39916
       
     Berdasarkan tabel diatas  nilai koefisien determinasi (R  Square) adalah 0,939.  Hal ini menunjukkan bahwa persentase sumbangan pengaruh variabel independent  (promosi, harga, kelengkapan produk, lokasi, kenyamanan berbelanja, kualitas produk dan pelayanan) terhadap variabel  dependent (minat konsumen untuk berbelanja) sebesar 93,9%. Atau variabel independent  (promosi, harga, kelengkapan produk, lokasi, kenyamanan, kualitas produk dan pelayanan) mampu menjelaskan sebesar 93,9% variabel  dependent (minat konsumen untuk berbelanja), sedangkan sisanya 6,1% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain. 


VARIABLE
Beta
r
B x r
Kontribusi
LOKASI
0,145
0,159
0,023
9,388%
KELENGKAPAN PRODUK
0,198
0,145
0,029
11,837%
KUALITAS PRODUK
0,258
0,076
0,020
8,163%
HARGA
0,141
0,444
0,063
25,714%
PELAYANAN
0,042
0,065
0,003
1,224%
KENYAMANAN BERBELANJA
0,083
0,117
0,010
4,082%
PROMOSI
0,738
0,131
0,097
39,592%
JUMLAH


0,245
100%

ANALISIS dan HASIL
            Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa  secara bersama-sama variabel lokasi, kelengkapan produk, kualitas produk, harga, pelayanan, kenyamanan berbelanja dan promosi berpengaruh terhadap minat konsumen untuk berbelanja.  Variabel lokasi, kelengkapan produk, kualitas produk, harga dan promosi berpengaruh secara signifikan terhadap minat konsumen untuk berbelanja, sedangkan variabel pelayanan dan kenyamanan berbelanja tidak berpengaruh terhadap minat konsumen untuk berbelanja. Sedangkan variabel yang paling dominan terhadap minat konsumen untuk berbelanja adalah promosi.  

            Tentunya hal ini memberikan implikasi manajerial yang penting pada pihak manajemen bisnis eceran untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat memengaruhi minat konsumen untuk berbelanja. Diharapkan bagi peneliti selanjutnya agar memperbanyakvariabel atau menambah jumlah responden agar hasil penelitian lebih akurat, serta membandingkan dua atau lebih ritel yang diteliti agar tampak ritel mana yang paling diminati dan dari segi apa konsumen lebih meminati ritel tersebut. Untuk variabel pelayanan dan kenyaman tempat berbelanja sebaiknya tidak digunakan untuk melakukan penelitian karena kedua variabel tersebut tidak memengaruhi minat konsumen  untuk berbelanja, kecuali jika peneliti ingin membandingkan dua atau lebih objek penelitian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar